Sabtu, 02 Juli 2011

coba-coba

Fiuh..
Ngga berasa dari waktu tanggal pengumuman kelulusan uji kompetensi sampe sekarang, ternyata udah berjalan 3 minggu-an. Awalnya takut untuk jaga klinik 24 jam atau puskesmas, yang dipikiran gue, boro-boro jaga klinik 24 jam, jaga klinik cuma 3 jam aja kaki lemes-mata semaput-napas sesek-perut mules! Tapi, karna desakan kebutuhan materi yang ngga lagi ada kucuran, akhirnya coba-coba terjun ke dunia per-klinik-an, mulai dari yang jaganya cuma 7 jam sampe akhirnya dapet job jaga 24 jam.

Pada masa-masa masih virgin di bidang jaga menjaga klinik ini, gue ngerasain tingkat kerja adrenalin meningkat 110% waktu ngelangkahin kaki ke ruang dokter klinik tersebut, agak lebay sih emang kerja hormon gue ini... *sigh!
Daann.. setelah menanti selama 3 jam tanpa ada seorang pasien pun, akhirnya pasien pertama datang juga!! pasiennya berusia 5 tahun, pembaca yang budiman!!! LIMA tahun! usia-usia masih balita, batita, bayi, anak kurang dari 30kg itu bisa dibilang susah kasih obatnya, apalagi yang ngga disediain puyer dari kliniknya. Ribet itung dosis obat! :(
gue inget banget tuh, di punggung belakang kerasa aliran keringet ngalir... uh! ini bocah sakit panas udah 3 hari, disertai flu dan batuk. Harusnya, penyakit gini gampang banget obatnya, tapi karena adrenalin yang keterlaluan kerjanya dan detak jantung yang bunyinya kaya bedug takbiran, alhasil nama obat yang dibutuhkan menguaplah dari otak gue!!!! *mengumpat.red*
mau ga mau, waktu itu coba gue ajak ngobrol lagi orangtuanya, ngalor ngidul, berusaha buat remind nama2 obat buat anaknya. ckckck... 

Dari situ, job jaga klinik mulai menghampiri, naik derajat dari klinik di pinggiran kota dengan bayaran kecil jadi ke klinik di dalam kota dengan bayaran yang agak lumayan walopun masih kurang dari setimpal. hehehe. *curcol*

Mulai dari coba-coba, sekarang gue udah lumayan fasih dalam bidang per-jaga-an klinik. walopun biasanya di klinik2 itu penyakitnya ngga seribet yang ada di unit gawat darurat rumah sakit. Tapi, pasien yang gue temuin cukup beragam, ada yang arogan, ada yang manis, ada yang pemalu, ada yang najis, ada yang rese, ada yang kooperatif, ada yang baik banget, ada yang masa bodo.

Hmmm.. nah, gue jadi mikir sekarang, kalo dari awalnya gue ga ada desakan kebutuhan materi dan takut untuk coba-coba terjun jaga klinik, kira-kira bakal lagi apa ya gue sekarang?

Pemikiran lain yang gue dapet dari pengalaman coba-coba di atas yaitu, kalau nanti gue ingin mencapai sesuatu yang lebih baik dari sekarang dan gue dihadapkan dengan pilihan "zona aman" atau "luar zona aman", mungkin gue akan coba ambil pilihan ke 2. Yah, tetep harus ada perhitungan yang mateng pastinya. Kalaupun nanti ternyata pilihan itu salah atau hasilnya ngga sesuai sama inginnya gue, at least gue udah coba. :)

P.S : Learning by doing.

2 komentar:

  1. wow. baca tulisan ini rasanya kaya mengetahui "behind the scene" dunia medis dari kacamata seorang dokter itu sendiri. tulisan lo juga enak dibacanya. ditunggu kisah-kisah pasien dan jaga klinik lainnya yah! :D

    BalasHapus
  2. ^0^
    akhirnya, setelah ditunggu2, ada juga yang comment di sini. hahahahaha..
    terima kasih, mas. *wink-wink* nanti asah saya lagi yaaaaa!

    BalasHapus